Please use this identifier to cite or link to this item: http://repositori.umsu.ac.id/xmlui/handle/123456789/3210
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBismala, Lila-
dc.date.accessioned2019-04-02T01:55:34Z-
dc.date.available2019-04-02T01:55:34Z-
dc.date.issued2014-12-02-
dc.identifier.issn2338-6754-
dc.identifier.urihttp://repositori.umsu.ac.id/xmlui/handle/123456789/3210-
dc.identifier.urihttp://balitbang.pemkomedan.go.id/berita-173-jurnal-pembangunan-perkotaan-volume-2-nomor-2.html-
dc.identifier.urihttps://www.academia.edu/37501032/Pemb._Kota_TURNITIN-
dc.identifier.urihttps://www.academia.edu/38142240/3.JPP_2014_REVIEWER.pdf-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diaplikasikan oleh UMKM di wilayah Sumatera Utara. UMKM sebagai salah satu fundamen perekonomian Indonesia, memiliki peranan yang sangat tinggi sehingga haruslah memiliki strategi pemasaran yang mumpuni untuk meningkatkan daya saingnya. Dengan analisis SWOT yang dilakukan pada 65 pelaku umkm di wilayah Sumatera Utara, sampel yang diambil merupakan umkm yang mencirikan kekhasan Sumatera Utara. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan pengumpulan data diperoleh dari penyebaran angket dan daftar pertanyaan terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum UMKM belum mengaplikasikan manajemen pemasaran, namun hanya berdasarkan pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki saja. Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan, diperoleh strategi manajemen pemasaran yang dapat diimplementasikan, yaitu Strategi S-O, meliputi memberikan inovasi produk yang memperkuat posisi, membentuk citra merk sendiri tanpa mendompleng merk lain. Strategi W-O, meliputi memperkenalkan keluar daerah dengan teknologi informasi, memperpanjang daur hidup produk dengan melakukan diferensiasi, mencari sistem pemasaran selain sistem konsinyasi. Strategi S-T, yaitu memperkuat/ menonjolkan ciri khas kedaerahan. Strategi W-T, membuat kemasan yang inovatif dengan merk khas, memperkenalkan wilayah usaha dengan kluster produk.en_US
dc.publisherBadan Penelitian dan Pengembangan Pemerintah Kota Medanen_US
dc.subjectManajemen Pemasaranen_US
dc.subjectAnalisis SWOTen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran Pada UMKM Di Sumatera Utara Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKMen_US
Appears in Collections:Scientific publication

Files in This Item:
File Description SizeFormat 


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.