Please use this identifier to cite or link to this item: http://repositori.umsu.ac.id/xmlui/handle/123456789/1115
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Smp Harapan Mekar Medan T.P. 2019/2020
Authors: Kartyas, Sari Dewi
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematika
Snowball Throwing
Issue Date: 3-Oct-2019
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Harapan Mekar Medan T.P 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing Terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa SMP Harapan Mekar Medan T.P. 2019/2020. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri atas dua kelas yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII A dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII B yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis berbentuk Pilihan berganda dan uraian, dimana soal pilihan berganda diuji untuk mengetahui kemampuan awal matematika siswa dengan jumlah soal sebanyak 20 butir dan soal kemampuan komunikasi matematika dilakukan dengan menggunakan instrument posttest dalam bentuk uraian dengan jumlah soal sebanyak 5 butir. Berdasarkan hasil analisis data tes di kelas eksperimen 1 diperoleh mean 75,15 dan untuk data tes di kelas eksperimen 2 diperoleh mean 70,29. Penelitian ini menggunakan uji Shapiro Wilk untuk mengetahui apakah data yang diteliti berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji Ancova dengan bantuan SPSS 22.0 for Windows. Dari data perhitungan hipotesis didapat Fhitung > Ftabel, yaitu 29,949 > 3,99 maka H0ditolak. Karena H0 ditolak, berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan komunikasi matematika siswa, dan dengan sig < 0,05, dimana 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pada tingkat kepercayaan 95% terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa.
URI: http://repositori.umsu.ac.id/xmlui/handle/123456789/1115
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SARI.pdfFulltext6.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.